www.mukadimah.com

Online Tips and more

Potensi Gempa Di Kalsel Kecil

Klik di sini membawa Anda ke AndresTutorialBlog.blogspot.com

(dari kapanlagi.com)

Kapanlagi.com – Potensi terjadinya gempa bumi di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kecil di banding daerah-daerah lain di Indonesia khususnya pulau Jawa dan Sumatera yang sering dilanda bencana akibat fenomena alam itu.

“Potensi gempa di Kalsel memang ada tetapi kecil. Itu pun tidak begitu terasa apalagi sampai merusak karena sifatnya hanya efek gempa sehingga hanya getaran ringan saja,” ujar Kasi Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Klas I Banjarbaru, M Yahya di Banjarbaru, Kamis (1/10).

Klik di sini membawa Anda ke AndresTutorialBlog.blogspot.com

Hal itu, kata dia, disebabkan letak geografis pulau Kalimantan termasuk di dalamnya provinsi Kalsel yang terlindungi oleh keberadaan pulau Jawa di sebelah Selatan dan pulau Sulawesi di sebelah Timur.

Ditambah letak geografis pulau Kalimantan yang jauh dari lempeng bumi sehingga membuat posisi Kalsel berada di luar perpecahan lempeng bumi yang menjadi penyebab utama munculnya gempa.

Ia mengatakan, getaran gempa di provinsi Kalsel bisa terasa jika pusat gempa terjadi di Selat Makasar atau perairan Sulawesi yang menjadi pusat pertemuan lempeng Pasifik sebelah Timur pulau Sulawesi.

“Itu pun, getarannya baru terasa apabila kekuatannya di atas 5 skala richter, jika gempanya masih di bawah itu maka getarannya hampir tidak terasa karena posisi pusat gempa di Selat Makasar letaknya cukup jauh sehingga efeknya tidak besar apalagi sampai menimbulkan kerusakan,” ungkapnya.

Klik di sini membawa Anda ke AndresTutorialBlog.blogspot.com

Mengenai daerah yang kemungkinan merasakan getaran gempa, lanjut dia, berada di wilayah pesisir sebelah Selatan provinsi Kalsel yang meliputi kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu karena dua kabupaten itu berhubungan langsung dengan Selat Makasar meski pun jaraknya jauh.

Dikatakan, selain potensi gempa yang kecil, wilayah pesisir Kalsel itu juga kemungkinan tidak merasakan dampak Tsunami karena letaknya yang jauh dari pusat gempa pembentuk gelombang pasang air laut tersebut.

Selain itu, Tsunami bisa muncul apabila terjadi gempa bumi di wilayah perairan laut dengan skala tinggi hingga mencapai 7 skala Richter, sedangkan gempa dengan kekuatan sebesar itu diprediksi tidak terjadi di Selat Makasar.

Ditambahkan, mengingat kecilnya potensi gempa dan dampak lainnya yang mungkin tidak begitu terasa saat gempa terjadi di daerah lain, maka tidak perlu dilakukan upaya atau antisipasi yang bersifat khusus baik oleh masyarakat maupun instansi pemerintah.

“Jadi, sebaiknya tidak perlu khawatir tetapi mewaspadai saja karena baik gempa maupun efeknya kemungkinan besar tidak begitu terasa di Kalsel, demikian Yahya. (kpl/meg)

Klik di sini membawa Anda ke AndresTutorialBlog.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: