www.mukadimah.com

Online Tips and more

Cyber War: Google-Twitter vs. Yahoo-Facebook

Perang para “raksasa” dunia maya semakin memanas. Seakan tidak mau kalah dengan unjuk kekuatan Yahoo yang bersekutu dengan Facebook Connect, kini Google Friend Connect (GFC) pun berintegrasi dengan Twitter. Dengan kata lain, sekarang para pengguna Twitter bisa menggunakan akun Twitter mereka untuk secara otomatis log in ke lebih dari 9 juta situs yang mendukung Google Friend Connect.
Setelah log in mereka bisa melihat avatar dan nama ditampilkan dalam situs-situs yang dihubungkan melalui Google Friend Connect. Users juga bisa melakukan tweet atas berita atau informasi di situs GFC tanpa perlu log out. Pemilik situs yang sudah memakai layanan GFC tidak perlu melakukan apa pun karena integrasi ini otomatis.
Sebelumnya, Yahoo mengumumkan kerja sama dengan Facebook. Mulai tahun 2010 Yahoo Mail, News, Sport, Finance, dan Flickr akan terhubung dengan Facebook sehingga para pengguna fesbuk dapat mengakses semua layanan tersebut menggunakan kredensial Facebook layaknya mereka menggunakan aplikasi Facebook biasa.

Simbolis mutualisme-nya adalah para pengguna Facebook bisa melakukan banyak hal seperti menulis komentar, berbagi berita, dan melihat kabar teman memakai akun Facebook di Yahoo. Facebook juga mendapat konten Yahoo yang solid dan kuat jaringannya. Sedangkan Yahoo diuntungkan karena mendapat tambahan traffic (lalu lintas) pengunjung ke webnya dari semua pengguna fb yang kini jumlahnya melebihi 350 juta.

Terlihat bahwa persaingan antara Google dan Yahoo makin memanas. Masing-masing mencari sekutu untuk mengalahkan yang lain. Beberapa bulan lalu kemitraan serupa terjadi antara Microsoft dan Yahoo di bidang search engine, yaitu Bing. Dari informasi yang beredar, Microsoft memiliki saham di Facebook.

Google Real Time Search

Selain itu Google akhirnya mengumumkan Google Real Time Search (GRTS). Fitur terbaru ini diklaim bisa memberikan hasil pencarian yang paling up-to-date dan “hot” dari seluruh situs di dunia maya.
Fitur yang disebut-sebut mirip fitur pencarian di Twitter, Facebook dan My Space ini akan membawa konsumennya ke hasil pencarian dengan konten yang real-time sehingga users dapat melihat hasil pencariannya langsung seperti konten aslinya.

Selain itu GRTS diklaim bisa mencari daftar acara TV, acara olahraga, gosip hingga breaking news secara langsung. Tapi GRTS akan tetap memprioritaskan pencarian tiga situs jejaring sosial terbesar, Twitter, Facebook dan My Space.

Para pengguna MySpace dan Facebook bisa menentukan fitur mana yang mau dipakai di GRTS. Google menggunakan antarmuka software yang memungkinkan keduanya melakukan streaming update status secara real time.

Tweets dari Twitter sudah bisa dilihat dalam hasil pencarian GRTS. Sedangkan update dari Facebook dan MySpace mungkin baru pada Februari tahun depan bisa diintegrasikan ke Google.

MySpace mengijinkan semua penggunanya untuk menampilkan komen, foto, video dan konten lainnya di GRTS. Untuk Facebook, Google hanya akan menampilkan update dari laman publik, laman penggemar (fan pages) yang digunakan seleb, atlit dan orang terkenal yang ingin menyampaikan pesan teks kepada penggemarnya.

Google juga memberi para blogger, pekerja jaringan dan penghasil konten online lainnya sebuah platform yang dengan cepat menerbitkan update posting mereka ke mesin pencari.
Bookmark and Share

Artikel lain untuk dibaca:

Facebook Farmville Mengalahkan Twitter

Sumber: cbn – yahoo! news – mashable.com

Klik di sini membawa Anda ke AndresTutorialBlog.blogspot.com

Klik di sini untuk ke DownloadMyFreeMP3.blogspot.com – download my own free mp3


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: